Memeriahkan HKN ke-57 se-Pekanbaru

Puskesmas Tenayan Raya Satu-satunya Gelar Berbagai Kegiatan 

Pihak Puskesmas Tenayan Raya saat mengelar berbagai kegiatan

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Guna  memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021, Puskesmas Rawat Inap RI Tenayan Raya Kecamatan Kulim menggelar berbagai kegiatan yang dipusatkan di Halaman Puskesmas dengan protokol kesehatan.Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Kulim Marzali diwakili oleh Sekcam Mukhtaruddin, Kapolsek Tenayan Raya diwakili Wakapolsek, Danramil Tenayan, Kepala Puskesmas Rejosari Mira Susmhita, Lurah se- Kecamatan Kulim, Kader Posyandu serta pegawai Puskesmas.

Dengan mengusung tema "Sehat Negeriku Tumbuh Indonesiaku" sebagai bentuk upaya pemerintah mencegah pandemi covid-19.

Kepala Puskesmas RI Tenayan Raya Nel Afni L SKM, MKM menjelaskan bahwa kegiatan berlangsung dari pagi hingga siang dengan mengadakan Vaksinasi Massal khusus lanjut usia (Lansia), skrining PTM, pemeriksaan gula darah, kolesterol dan pelayanan kesehatan secara gratis. Selain itu juga mengadakan Lomba Balap karung, Tarik Tambang, Lomba Yel-Yell kader per kelurahan dan Lomba joged balon.

"Peringatan hari kesehatan nasional (HKN) merupakan momentum rasa syukur karena Indonesia salah satu negara yang berhasil menurunkan lonjakan Covid-19. Hari ini walaupun hanya sederhana Puskesmas Tenayan Raya dapat menggelar HKN di Pekanbaru satu-satunya yang melaksanakan ," ungkap Nel Afni kepada wartawan, Kamis (18/11/2021)

Lanjut Nel Afni, melalui peringatan HKN ke 57 diharapkan masyarakat agar lebih disiplin mematuhi protokol kesehatan, selalu memakai masker dan cuci tangan pakai sabun serta jaga jarak guna menghindari Covid-19 yang sampai saat ini masih belum ada tanda-tanda akan berakhir.

Dan kepada petugas kesehatan diharapkan untuk selalu menjaga diri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat dan tetap semangat dalam melayani pasien.

Camat Kulim, Marzali diwakili oleh Sekcam Mukhtaruddin berpesan kepada masyarakat agar untuk tetap disiplin manjalankan prokes, apalagi mendekati akhir tahun 2021. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Saya juga mengajak kepada Lurah se-Kecamatan Kulim untuk terus mendukung kegiatan vaksinasi bagi masyarakatnya, khususnya kepada yang lansia,” tuturnya.

Sementara, Kadis Kesehatan Kota Pekanbaru diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Hamdani, SKM MKM mengapresiasi dengan gelaran HKN ke-57 ditaja Puskesmas Tenayan Raya Kecamatan Kulim satu-satunya di Pekanbaru. Memang sejauh ini belum ada puskesmas yang melaksanakan HKN selain Tenayan Raya setelah ini mudah-mudahan ada puskesmas yang melaksanakan.

Hamdan berharap, agar semua elemen masyarakat di masa pandemik ini tetap menjaga kesehatannya dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Dimulai dari individu, keluarga, RT, RW, Kelurahan, kecamatan, bahkan hingga tingkat nasional. Dengan begitu, covid-19 cepat berlalu, " harap Hamdani. (Kim)


Berita Lainnya...

Tulis Komentar